Minggu, 05 Juli 2020

Cara Tepat Menggunakan Masker Kain Untuk Mencegah Virus Corona


Saat ini dunia sedang di serang sebuah virus yang cukup mematikan bernama covid19 atau corona. Hampir setiap negara mengalami pandemi ini. virus corna bisa menular melalui air liur atau percikan dahak dari penderitanya. Bisa melalui bersin atau batuk. Oleh karena itu WHO menyarankan untuk selalu memakai masker, guna mencegah percikan cairan tubuh. Bagi penderita maupun orang yang belum menderita, harus tetap menggunakan masker. Hal ini membuat banyak orang yang jual masker kain murah.
Cara Tepat Menggunakan Masker Kain Untuk Mencegah Virus Corona

Sulitnya mendapatkan masker medis, membuat masyarakat beralih ke masker kain. Masker ini memang lebih mudah didapatkan dan cukup efektif mencegah virus corona. Apalagi masker medis juga harus diutamakan untuk para dokter, perawat dan petugas medis yang menangani pasien covid 19.

Masker Kain Vs Virus Corona
Memang belum ada penelitian yang jelas mengenai keefektifan masker kain terhadapp virus corona. Dibandinbgkan dengan masker bedah dan N95, masker kain berada di tingkat yang paling rendah. Pencegahannya hanya mampu menangkal beberapa persen saja. berikut ini alasan kenapa masker kain kurang efektif mencegah penularan virus corona.
  • Masker kain bukan termasuk peralatan medis dan belum diuji standar medisnya.
  • Material kain yang digunakan tidak sama dengan masker N95 atau masker bedah.
  • Masker kain biasanya memiliki ujung yang longgar, sehingga tidak bisa menutupi mulut dan hidung dengan sempurna

Walaupun begitu the centers for disease control and prevention (CDC) menyarankan untuk menggunakan masker kain buat masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona. Apalagi melihat persediaan masker medis yang sangat sedikit. Namun masker kain ini hanya disarankan untuk orang yang tampak sehat dan tidak mengalami gejala. Untuk orang sakit sebaiknya menggunakan masker medis.

Cara Menggunakan Masker Kain Supaya Lebih Efektif Mencegah Virus Corona
 Walaupun kurang efektif mencegah virus corona dibandingkan jenis kain lainnya. masker kain tetap layak digunakan. Sehingga jual masker kain tetap bisa menguntungkan. Namun ada syarat yang harus dipenuhi supaya masker kain lebih efektif mencegah virus corona.
  • Pilih masker kain yang sesuai dengan ukuran wajah anda, sehingga bisa menutupi hidung, mulut dan dagu
  • Selalu cuci tangan sebelum menggunakan masker, gunakan masker dengan baik dan ikatkan erat sehingga masker tidak longgar
  • Saat menggunakan masker kain, jangan menyentuh area masker. Jika ingin memperbaiki posisi, pegang dibagian tali pengikat atau cuci tangan sebelum dan sesudah memegang masker
  • Ketika melepasnya, buka dibagian tali pengikat dan langsung cuci dengan air panas dan detergen
  • Ganti masker jika rusak atau basah, dan gunakan maksimal 4 jam.

Dengan melakukan semua cara diatas, anda bisa mencegah virus corona dengan masker kain. Jual masker kain harus memenuhi semua standar yang diberikan.
Share: